Gecko Jowo

Berbagi ilmu dan pengalaman bersama di bidang teknologi

SEO Untuk Blog

apa itu seo

Assalamu`alaikum wr wb

Selamat sore,

Ini merupakan postingan saya pertama di blog ini, baru merintis buat blog, walaupun dulu pernah buat tapi untuk iseng-iseng aja, hehe, ok ngga banyak curhat, langsung ke topik pembahasan

SEO untuk blog


SEO atau Search Engine Optimization, mungkin bagi pemula termasuk admin sendiri hehe itu hal yang tabu atau awam, sejenis makanan kah ? atau spesies baru ? haha, bukan. SEO(Search Engine Optimizaton) adalah suatu cara atau teknik untuk mengoptimalisasi ataupun memangsimalkan website/blog kita pada Search Engine. Apa itu Search Engine ?

Search Engine tidak hanya Google saja, tetapi banyak, ada Yahoo, Bing, Amazon, dan lain-lain. Jadi teknik ini membuat website/blog kita mendapatkan posisi tinggi di Search engine.

Pengertian dari SEO juga sangat luas, terdapat banyak pengertian SEO, setiap orang memiliki pengertian dan pendapat yang berbeda-beda, tetapi semuanya mencakup hal yang sama atau intinya yaitu mengoptimisasi suatu website/blog agar berada pada halaman/posisi tinggi di search engine dengan kata kunci/keywords yang ditarget.

Teknik SEO dikerjakan melewati proses yang sistematis artinya teknik SEO harus mengikuti aturan-aturan yang berlaku pada search engine tertentu.Teknik SEO diterapkan pada suatu website dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah pengunjung website tersebut. Banyak sekali faktor yang menentukan keberhasilan dalam SEO, tapi dapat di golongkan menjadi 2 dasar teknik SEO yaitu :

1.Onpage Optimazation yaitu teknik melakukan optimasi dari dalam suatu website dengan jalan memodifikasi faktor-faktor tertentu dari bagian suatu website misalkan menentukan title, tag, content yang relevan dengan title dan lain-lain

2.Offpage Optimazation yaitu teknik optimasi yang dilakukan dari luar bagian website dengan tetap mengacu pada alogaritma search engine tertentu misalkan memperbanyak backlink yang berkualitas

Teknik SEO bagi kebanyakan orang bisa terbilang sulit karena membutuhkan skill yang cukup dan tingkat kesabaran yang tinggi sedangkan hasilnya tidak dapat dilihat secara langsung. Selain itu metode search engine tertentu, untuk meng-index hasil pencarian juga sering berubah. Oleh karena itu SEO dapat dikatakan sangat dinamis karena metodenya berubah dari waktu ke waktu dan juga SEO tidak dapat memberikan jaminan apakah website Anda akan muncul dalam index pencarian di posisi teratas atau tidak

Keuntungan Melakukan SEO


Banyak sekali keuntungan dari melakukan SEO, tapi saya disini hanya menyebutkan 3 saja, hehe diantaranya yaitu :

1.   Mendatangkan Pengunjung yang Banyak. Kita semua pasti tahu jika situs atau blog berada pada halaman satu Search Engine pasti akan mendatangkan pengunjung (Traffic) yang sangat besar, tergantung pada keyword yang kita target dan besar kecilnya data hasil pencarian.

2.   Meningkatkan Penjualan. Jika suatu situs menjual suatu produk atau barang yang menjual aneka barang seperti Camera XLR misalnya, maka jika ada orang mencari di google dengan keyword “jual camera xlr murah” kemudian situs tersebut ranking 1, maka sudah 95% situs tersebut akan mendapatkan penjualan dari hasil SEO tersebut.

3.   Meningkatkan Daya Saing. Mudah saja untuk keuntungan SEO yang satu ini, jika posisi suatu situs lebih tinggi maka secara otomatis daya saingnya pun akan lebih tinggi. Masih banyak lagi keuntungan dari SEO ini yang tidak saya sebutkan semua.

Semoga dengan pengertian tersebut dapat bermanfaat dan membuat teman-teman paham, saya admin yakin dengan pengertian yang simpel ini dapat langsung dipahami, hehe, maklum First Posting, haha.

                                                                                                         


0 Komentar untuk "SEO Untuk Blog"

Back To Top