Gecko Jowo

Berbagi ilmu dan pengalaman bersama di bidang teknologi

Apa itu Sitemap

Mesin Pencari / Search Engine di dunia maya membutuhkun informasi halaman sebuah website atau blog untuk di crawl (di rayapi), haha, memang crawl itu artinya rayap, paham kan maksudnya di rayapi itu apa. Sitemap bertujuan untuk  memudahkan mesin pencari / search engine mencari isi halaman website.
Sitemap merupakan sebuah cara sederhana dan yang paling simple digunakan oleh para pemilik web atau blogger untuk memudahkan memberikan informasi suatu halaman kepada Search Engine yang nantinya akan di crawl oleh si Search Engine itu. Yang paling sederhana dari bentuk sitemap itu berupa file XML yang berisis daftar URL sebuah situs beserta metadata-nya masing.masing.

BACA JUGA : Apa itu Seo ???

Metadata ini berfungsi membantu Search Engine agar lebih mudah membaca dan meng-crawl situs website atau blog. Crawler biasanya menemukan sebuah halaman sebuah situs dari link-link di dalam situs website atau blog itu sendiri, ataupun dari situs yang lain. Sebuah Sitemap menyediakan data-data link itu dan mengijinkan crawler yang mendukung Sitemap untuk menjelajah semua URL yang ada didalamya, lalu menganalisa masing-masing URL tersebut dengan menggunakan metadata yang menyertainya. Dengan memasang Sitemap, Situs kita Akan cepat terindex mesin pencari Seperti Google, Yahoo, Bing, dll.

Google juga telah memberikan layanan itu untuk memudahkan para webmaster. Kunjungi situs Webmaster.

Kalau masih bingung, bisa lihat gambaran di bawah ini :


apa itu sitemap

Tag : SEO
0 Komentar untuk "Apa itu Sitemap"

Back To Top