Gecko Jowo

Berbagi ilmu dan pengalaman bersama di bidang teknologi

4 Browser Terbaik


Bagaimana kamu mau internetan kalau ngga ada browser ?, Mau browsing pakai apa coba haha, Iya ngga ?. Sekarang sudah banyak para developer membuat software browser, tidak hanya mozilla, chrome, dll, sangat banyak, jumlahya sampai puluhan, tapi ingat teman, hati-hatilah dengan memakai browser yang keamanan dan privacy nya lemah, para penjahat cyber akan mencuri data-data yang tersimpan di browser yang kamu gunakan, seperti password, email dll.

Browser yang baik tidak hanya memberikan fasilitas keamanan privacy yang kuat saja, tetapi kemudahan dalam penggunaan, kecepatan ketika surfing, tampilan yang menarik, pengaturan browser yang mudah. Admin akan berbagi Software untuk browsing terbaik kali ini untuk kamu semua, hanya 4 saja, tidak banyak-banyak haha, ok inilah 4 Software Browser Terbaik menurut Gecko Jowo.

Mozilla Firefox

Software buatan Mozilla Foundation ini open source, tidak usah khawatir bagi grentongers haha, software ini gratis alias freeware, tidak usah mengeluarkan biaya untuk software ini. Diluncurkan pada tanggal 9 November 2004, berarti sudah lama ya, sudah 11 tahun umurnya haha. Pada zaman dahulu kala haha, software ini bernama Phoenix kemudian diganti namanya Mozilla Firebird, walaupun baru di release pada dahulu kala sudah mendapatkan sambutan yang sangat baik dengan lebih dari 5 juta unduhan dalam waktu 12 hari, coba bayangkan haha. Browser yang dikembangkan ini kecil, cepat, sederhana, dan sangat bisa dikembangkan kare open source. Pada 3 april 2003, Firefox dan Thunderbird (browser yang umum di gunakan di linux) telah menjadi pengembang utama Mozilla Foundation.

Software ini Berjalan di berbagai macam Sistem opersa seperti Windows, Linux, Mac Os dan FreeBsd
browser terbaik

Jangan tanyakan tentang fitur software ini, pasti sangat baik, versi sekarang terdapat fitur developer yang keren juga telah menerapkan banyak standar web seperti HTML5, XML, XHTML, CSS, JavaScript dan DOM. Yang tidak kalah keren yaitu fitur populer Firefox berupa Pemblokir POP-UP (iklan spam) , adds-on, juga sebuah mekanisme pengembangan (extension).

Browser ini baru support bahasa indonesia ketika Versi 3.0 yang diluncurkan pada tanggal 17 juni 2008 dan saat ini telah tembus 1 miliar unduhan lebih

Chrome

 Software yang dikembangkan oleh Google , Sebuah perusahaan raksasa diluncurkan pada tanggal 2 September 2008. Software ini juga gratis di bawah ketetuan pelayanan google chrome. browser ini dikembangkan oleh Google dengan menggunakan mesin rendering Webkit. Untuk sekarang yang open source nya dinamakan Chromium, masih satu produk dengan chrome. Dahulu kala software ini hanya digunakan untuk Sistem Operasi Windows saja, baru pada tanggal 11 Desember 2008 diluncurkan untuk semua sistem operasi karena telah stabil. Pada bulan januari 2012, browser ini telah mencapai pengguna yang banyak, dengan urutan di bawah Mozilla Firefox
browser terbaik

Fitur juga tidak kalah keren, sekarang dengan tampilan yang keren dan bagus, fitur yang hampir sama dengan Mozilla Firefox, daat ini telah di release google Chrome Experiment yaitu showroom online eksperimen berbasis web browser untuk program interaktif dan proyek

Safari

Software yang dikembangkan oleh Apple, juga perusahaan raksasa yang didirikan Almarhum Steve Jobs ini diluncurkan pada tanggal 7 Januari 2003, sudah 13 tahun yang lalu ya, umurnya melebihi Mozilla Firefox haha. Pada awalnya browser ini hanya diperuntukkan bagi pengguna Sistem Operasi Mac os saja, tetapi pada tanggal 11 Juni 2007 telah direlease untuk Windows. Perlu diketahui bahwa sebeleum Mac os menggunakan browser bawaan berupa Safari, mac os menggunakan Internet Explorer untuk Mac, sama seperti Sistem Operasi Windows ya, kenapa pakai Internet Explorer? karena dulu Steve Jobs melakukan perjanjian dengan Windows milik Bill gates selama 5 tahun .Sebelum itu juga ada Netscape Nvigator dan cyberdog Apple merilis kode tambahan pada open source BSD-Like License.

Browser ini hanya berjalan di Mac Os dan Windows saja. Pengalaman admin menggunakan browser ini di windows terasa lambat dan kurang stabil, beda jika dijalankan di Mac Os, semua akan stabil.
browser terbaik

Fitur Browser ini hampir sama dengan Browser lainnya seperti POP-UP Blocker, CSS, DOM. Yang paling keren adalah fitur Mesin nitro JavaScript yang 4 kali lebih cepat dibandingkan Mozilla Firefox, sangat keren haha. Fitur dengan menggunakan Webkit Apple berupa aplikasi cocoa yang dapat mengaplikasikan halaman dan memproses JavaScript, terdiri dari webCore berbasis KHTML dari konqueror dan JavaScript KJS dari KDE. Fitur ini akan berjalan baik atau stabil bila dijalankan di Mac Os karena dapat sinkron dengan iPhoto, Apple Dashboard dll.

Opera

Software yang dikembangkan oleh Opera Software yang diluncurkan pada tahun 1995, entah tanggal berapa admin tidak tahu haha, lebih tua dari mozilla firefox ya. Tidak hanya digunkan untuk browsing, browser ini juga digunakan untuk membaca dan mengirim surat elektronik. Sejak 1994 release pertam versi 2.0 browser ini uji coba dan harus dibeli setelah masa percobaan berakhir. Versi 5.0 di release tahun 2000 merupakan versi trialware yang terakhir. Setelah itu pendapat uang opera berdsarkan dari sponsor iklan. Versi opera selanjutnya dipasangi iklan atau publisher dari Google. Pada versi 8.5 direlease tahun 2005 iklan telah dihapus dan didukung finansial utama oleh google dengan adanya kontrak untuk Google sebagai Mesin Pencari utama untuk Opera. Versi 10.50 versi tersebut hanya untuk Windows saja, lalu versi yang lebih baru yaitu versi 15.0 hadir untuk Mac os. Software ini berjalan di hampir semua sistem opersai seperti WIndows, Mac Os, Solaris, FreeBSD, juga Linux. Kenapa Opera terkenal ?, karena memiliki banyak fitur sehingga banyak browser lain yang mengadopsi fitur milik opera. Meskipun terkenal dan banyak fitur tetapi di pangsa pasar peramban komputer hanya mendapatkan sebagian kecil di seluruh dunia, sebaliknya di perangkat mobile memiliki pangsa pasar yang lebih besar. Kenapa di perangkat mobile sangat terkenal?, jaman dahulu kala haha, tahun 2010 an ketika admin masih smp, browser ini telah banyak dihgunakan di Symbian, Java ME. Sekarang telah support dipakai di semua OS baik itu PC maupun mobile seperti BlackBerry, Symbian, Windows Phone, Android, iOS, serta Java ME. Tidak kalah keren browser ini terdapat di Nintendo DS dan Wii, juga beberapa smart TV.

Opera direlease daalm versi indonesia untuk pertma kalinya dalam versi 9.6 pada tanggal 8 oktober 2008.

Browser ini juga tentunya gratis dapat diunduh di situs remsi opera.
browser terbaik

Fitur Opera ini umum sperti browser lain seperti CSS( Opera adalah pengguna CSS pertama, HTML, XHTML, XSLT, XSL-FO, JavaCript, DOM 2, . Yang lebih kerennya, browser ini terdapat fitur perlindungan penipuan, klien bittorent. Fitur klien email seperti opera mail dan IRC chat client built ini juga ada. Browser ini menggunakan protokol SSL 3 atau TLS.


Tag : Software
1 Komentar untuk "4 Browser Terbaik"

Back To Top