Gecko Jowo

Berbagi ilmu dan pengalaman bersama di bidang teknologi

17 Distro Linux Terbaik

Sekarang sudah banyak sekali distro-distro linux yang di buat oleh pengembang dan ini gratis, tidak di pungut biaya apapun. Setiap distro Linux memiliki keunggulan sendiri-sendiri, dari yang untuk desktop biasa atau standar, edukasi, perusahaan, programmer, sampai yang erbaru untuk para gamer. Inilah yang dinanti2, OS untuk gamer haha, nanti akan di bahas pada postingan kali ini. Linux merupakan OS yang open source atau gratis, sehingga kita tidak perlu membajak dn menghasilkan dosa haha. Ok, saya sebagai admin di sini akan memposting beberapa distro dan kegunaannya sehingga memudahkan apa yang diinginkan pengguna linux yang saya kmpulkan dari beberapa sumber, berikut ini distro-distro linux :

BACA JUGA : Apa Itu Linux ?

Distro terbaik yang baru saja kembali: openSUSE

Distro terbaik yang baru kembali
openSUSE, merupakan Linux tertua, perusahaan yang membuat openSUSE ini adalah SUSE, linux ini dibuat setahun setelah Linus Torvalds mengumumkan Linux. perusahaan SUSE merupakan perusahaan yang mendahului raja Linux yaitu Red Hat. openSUSE distro berbasis masyarakat yang disponsori oleh perusahaan SUSE langsung.

Pada 2015, tim openSUSE memutuskan untuk mengembangkan linux dengan lebih dekat kepada SUSE Linux Enterprise (SLE) sehingga pengguna bisa memiliki distribusi yang berbagi DNA dengan server perusahaan, seperti CentOS dan Ubuntu. Dengan demikian, openSUSE menjadi openSUSE Leap, distribusi yang langsung berdasarkan SLE SP (service pack) 1.

Distro ini dapat berbagi basis kode untuk menguntungkan satu sama lain - SUSE akan mengambil apa yang baik di openSUSE dan sebaliknya. Dengan langkah ini, openSUSE juga membuat siklus rilis reguler, dan versi baru akan dirilis sinkron dengan SLE. Itu berarti setiap versi akan memiliki siklus hidup lebih lama lagi.

Sebagai hasil dari langkah ini, openSUSE telah menjadi distribusi yang sangat penting karena potensi pengguna SLE sekarang dapat menggunakan openSUSE Leap. OpenSUSE Leap ini tidak untuk semua, tetapi openSUSE juga mengumumkan perilisan Tumbleweed, versi rolling-release murni. Jadi, sekarang, pengguna dapat menggunakan super-stabil openSUSE Leap atau selalu up-to-date openSUSE Tumbleweed.

Distro yang customizable: Arch Linux

Distro yang kustomis
Arch Linux adalah yang terbaik untuk distribusi rolling-release. Distro ini sangat cuztomizable, kenapa customizable ?, dari pertama install, berupa perintah code atau CLI, tidak seperti distro yang menggunakan fiture install GUI, jadi pada proses install sangat membutuhkan koneksi internet, lalu setelah install kita dapat memilih desktop environment sendiri seperti KDE, LXDE, GNOME, dll. Jadi sangat customizable kan ? Dapat di kustomisasi sendiri. Apa yang diinginkan kita bisa di kembangkan disini haha, tapi distro ini tidak cocok untuk penguna linux yang pemula, seperti admin dulu ketika pertama kali bermain linux, admin coba distro Arch linux ini, sangat membingungkan haha.

Arch Linux adalah distro besar bagi mereka yang ingin belajar segala sesuatu tentang Linux. Karena Anda harus menginstal semuanya secara manual, kamu akan menggunakan dari awal dan secara terpisah, di buat secara terpisah haha. Distribusi yang dapat disesuaikan. Tidak ada rasa "Arch" di setiap DE, itu kata orang luar haha. Semuanya akan kamu dapatkan di distro ini dan kamu dapat membangun atau membuat distro sendiri,  apapunya yang kamu inginkan, di distro linux Arch ini. Tidak seperti openSUSE atau Ubuntu, distro ini tidak ada patch tambahan atau integrasi. Kamu mendapatkan apa yang pengembang buat, itu kelemahannya.

Arch Linux juga merupakan salah satu yang terbaik untuk rolling release. Itu selalu diperbarui. Pengguna dapat menjalankan paket terbaru, dan mereka juga dapat menjalankan software pra-dirilis melalui repositori yang tidak stabil. Arch juga dikenal karena memiliki dokumentasi yang sangat baik. Arch Wiki adalah sumber dari apa yang terkait dengan linux. Yang bisanaya paling disukai oleh pengguana linux Arch ini adalah menawarkan hampir setiap paket dan perangkat lunak yang tersedia untuk setiap distribusi Linux, karena ada Arch User Repository, alias AUR.

Distro dengan tampilan menarik: Elementary OS

Distro tampilan menarik

Distribusi Linux yang memiliki area fokus yang berbeda, banyak masalah dengan Distro ini, dan biasanya masalahnya berupa perbedaan teknis. Dalam banyak distribusi Linux, tampilan dan nuansa merupakan kenyamanan seperti dalam penggunaan seperti OS Windows dan Mac.

Elementary OS sedang mencoba untuk mengubah semua itu. Di sini, desain di garis depan, dan alasannya cukup jelas. distro ini sedang dikembangkan oleh desainer yang telah membuat nama mereka di dunia Linux dengan menciptakan ikon yang indah.

Elementary OS cukup keren dengan tampilan holistik dan nuansa. Para pengembang telah menciptakan komponen mereka sendiri, termasuk lingkungan desktop. Selain itu, mereka memilih hanya aplikasi yang sesuai dengan paradigma desain. Kamu dapat menemukan nuansa dari Mac OS X pada Elemntary OS ini, serasa menggunakan OS buatan Appple haha.

Distro terbaru yang terbaik: Solus

Distro terbaru terbaik
Sistem operasi solus telah mengumpulkan cukup banyak perhatian akhir-akhir ini. Ini adalah sistem operasi yang layak terlihat atau terkenal haha, yang telah dibuat dari awal. Ini bukan turunan dari Debian atau Ubuntu, sangat keren dan hebat kanpembuatnya ?, haha. Muncul dengan lingkungan desktop Budgie, yang dibangun dari awal tetapi bertujuan untuk mengintegrasikan dengan Gnome. Solus memiliki pendekatan minimalis yang sama seperti Google Chrome OS.

Distro Solus tidak bermain dengan versi yang banyak seperti distro lain, tapi itu terlihat menjanjikan atau baik lah menurut pengguna OS ini. Solus sebenarnya bukan OS yang baru dibuat. Distro ini telah lama dibuat, tetapi nama dan bentuk di ubah atau baru di buat. Seluruh proyek dihidupkan kembali pada tahun 2015 dengan nama baru ini.

Distro terbaik untuk Cloud: Chrome OS

Distro cloud terbaik
Chrome OS mungkin tidak khas distribusi berbasis Linux karena sistem operasi berbasis browser untuk aktivitas online. Namun, karena hal ini didasarkan pada Linux dan kode sumbernya tersedia bagi siapa saja untuk mengkompilasi, ini merupakan OS yang menarik. Rata-rata pengguna pengguna Distro ini suka menggunakan Chrome OS setiap hari. Distro Ini sangat baik, bebas perawatan, selalu diperbarui untuk siapa saja, yang semata-mata hanya untuk kegiatan yang berhubungan dengan web. Chrome OS, bersama dengan Android, layak  untuk membuat Linux populer di PC dan pengguna smartphone saat ini.

Distro Terbaik Untuk Laptop: MATE Ubuntu

Distro terbaik untuk laptop
Kebanyakan laptop tidak memiliki perangkat keras yang sangat high-end, dan jika kamu menjalankan lingkungan desktop yang benar-benar menggunakan sumber daya-intensif maka kamu tidak akan memiliki banyak sumber daya untuk sistem atau baterai yang kamu inginkan, sumber daya itu akan digunakan oleh OS itu sendiri. Di situlah admin menemukan Ubuntu MATE menjadi sistem operasi yang sangat baik. Distro Ini ringan, namun membutuhkan kesabaran dan latihan untuk pengalaman yang menyenangkan haha. Berkat desain yang ringan, sebagian besar sumber daya sistem bebas untuk aplikasi sehingga kamu masih bisa melakukan beberapa pekerjaan berat di Distro ini. Admin menemukan distro yang dapat bekerja untuk komputer low-end haha.

Distro terbaik untuk PC lama: Lubuntu

Distro terbaik untuk PC lama
Jika Anda memiliki laptop tua atau PC jadul, jaman dulu tahun 90 an atau 2000, gunakanlah Lubuntu, Distro yang dapat di gunakan di gunakan pada para kakek laptop atau PC haha. Lubuntu menggunakan LXDE, tetapi proyek telah bergabung dengan Razor Qt untuk membuat LXQt. Meskipun rilis terbaru 15.04 masih menggunakan LXDE, versi kedepannya akan menggunakan LXQt. Lubuntu adalah sistem operasi yang layak untuk hardware lama.

Distro terbaik untuk Internet of Things: Snappy Ubuntu Core

Distro IoT terbaik
Snappy Ubuntu Core adalah sistem operasi berbasis Linux yang digunakan untuk Internet of Things (IOT) dan perangkat lain. Sistem operasi memiliki potensi besar untuk mengubah hampir segala sesuatu di sekitar kita menjadi perangkat pintar - seperti router, mesin pembuat kopi, drone, dll Apa yang membuatnya bahkan lebih menarik adalah cara software mengelola pembaruan dan menawarkan containerization untuk keamanan tambahan.

Distro terbaik untuk Desktop: Linux Mint Cinnamon

Distro Terbaik untuk Desktop
Linux Mint Cinnamon adalah sistem operasi terbaik untuk desktop dan laptop kuat. Orang luar biasanya akan menyebutnya Mac OS X dari dunia Linux. Pengalaman admin dulu menggunakan linux mint cinnamon ini tidak stabli. Tapi, segera setelah developer linux mint ini memilih untuk menggunakan LTS sebagai dasar, distro telah menjadi sangat stabil. Pengguna sekarang tidak usah khawatir dengan linux Mint, dan cobalah Linux Mint. Developer Linux Mint sekarang tidak bekerja keras untuk membuat dengan ubuntu, tetapi sekarang mereka para developer menghabiskan seluruh waktu mereka dalam membuat Linux Mint Cinnamon yang lebih baik.

Distro terbaik untuk Gamer: Steam OS

Os terbaik untuk gamer
Game telah menjadi kelemahan desktop Linux. Banyak pengguna dual-boot dengan Windows hanya untuk dapat bermain game. Valve Software sedang mencoba untuk mengubah itu. Valve adalah distributor game yang menawarkan klien untuk menjalankan game pada platform yang berbeda. Dan, Valve sekarang telah menciptakan sistem operasi buatan mereka sendiri yang open source alias gratis haha. Steam OS distro linux yang telah menciptakan sebuah platform game berbasis Linux. Pada akhir 2015, developer atau pembuat OS ini mulai pemasaran.

Distro terbaik untuk Privasi: Tails

Distro terbaik untuk Privasi
Zaman sekarang ini pengawasan untuk semua pengguna komputer di dunia dan pelacakan oleh pemasar (pelacakan anonim untuk konten yang ditargetkan) dapat diterima dan dikirim, privasi telah menjadi isu utama. Jika kamu  adalah seseorang yang perlu menjaga instansi pemerintah dan pemasaran dari bisnis kamu, kamu memerlukan sistem operasi yang dibuat dari nol sampai akhir dengan penjagaan privasi.

Tidak ada yang dapat mengalahkan Disro linux Tails OS untuk tujuan ini, you not power in here haha. Ini adalah distribusi berbasis Debian yang menawarkan privasi dan anonimitas dengan desain. Tails sangat baik dan keren, NSA aja ketar-ketir haha, menurut laporan, NSA menganggap ancaman besar bagi misi mereka.

Distro terbaik untuk Multimedia: Ubuntu Studio

Distro terbaik untuk multimedia
Produksi multimedia adalah salah satu kelemahan utama dari sistem operasi berbasis Linux. Semua aplikasi profesional kelas yang tersedia baik untuk Windows atau Mac OS X. Tidak ada yang layak software produksi audio / video digunakan untuk Linux, namun sistem produksi multimedia membutuhkan lebih dari aplikasi yang layak. Harus menggunakan lingkungan desktop yang ringan sehingga sumber daya sistem yang berharga seperti CPU dan RAM, yang digunakan hemat oleh sistem itu sendiri, sistem opearsi itu sendiri harus enteng dalam menggunkan CPU dan RAM. Dan, distribusi Linux terbaik untuk produksi multimedia adalah Ubuntu Studio. Menggunakan Xfce dan dilengkapi dengan berbagai audio, video, dan editing gambar.

Distro terbaik untuk  Enterprise / Perusahaan: SLE / RHEL

OS perusahaan terbaik
Pelanggan perusahaan tidak mencari artikel seperti ini untuk memilih distribusi untuk berjalan pada server mereka. Pelanggan sudah tahu ke mana merekan mencari artikel yang berisi tentang OS terbaik untuk perusahaan, yaitu Red Hat Enterprise Linux atau SUSE Linux Enterprise. Kedua nama ini menjadi identik dengan server perusahaan. Perusahaan-perusahaan ini juga mendorong untuk mengmebangkan batas-batas dari distro ini dengan berinovasi dalam pengembangan distro membuat software sendiri yang sebelumnya di kemas dan di buat dari awal.

Distro terbaik untuk Server: Debian / CentOS

Distro server terbaik
Distro server terbaik
Jika kamu ingin menjalankan server, tetapi kamu tidak mampu atau tidak mau membayar biaya berlangganan untuk RHEL atau SLE, maka tidak ada yang lebih baik dari Debian atau CentOS. Distro ini adalah OS yang terkenal dan terbanyak di gunakan ketika membuat server berbasis masyarakat. Dan, distro ini didukung untuk waktu yang sangat lama, sehingga kamu tidak perlu khawatir, gelisah atau galau tentang upgrade sistem kamu yang sering diupgrade.

Distro terbaik untuk Mobile: Plasma Ponsel

Distro linux terbaik Mobile
Meskipun distribusi berbasis Linux Android masih merajai smartphone, dan masih tetap di peringkat pertama , banyak komunitas open source, termasuk admin, masih menginginkan distribusi yang menawarkan aplikasi desktop tradisional Linux pada perangkat mobile. Pada saat yang sama, lebih baik jika distro ini dijalankan oleh sebuah komunitas bukan sebuah perusahaan sehingga pengguna tetap fokus dan tidak tujuan keuangan perusahaan. Dan di situlah KDE Plasma Ponsel membawa sebuah harapan, bukan PHP, pengharapan palsu haha. Distribusi berbasis Kubuntu ini diluncurkan pada tahun 2015. Karena masyarakat KDE dikenal kepatuhan mereka dengan standar dan mengembangkan hal-hal di depan umum, admin cukup gembira tentang masa depan Plasma Mobile haha.

Distro terbaik untuk ARM Devices: Arch Linux ARM

Distro terbaik untuk arm
Dengan keberhasilan Android, kita sekarang dikelilingi oleh perangkat ARM bertenaga - dari Raspberry Pi ke Chromebook dan Nvidia Shield. Distro tradisional yang ditulis untuk prosesor Intel / AMD tidak akan berjalan pada sistem ini. Beberapa distribusi ditujukan untuk ARM, tetapi distro ini sebagian besar untuk hardware tertentu, seperti Raspbian untuk Raspberry Pi. Di situlah Arch Linux ARM (ALARM) bersinar, dan terkenal. Ini adalah distribusi murni berbasis community/masyarakat yang didasarkan pada Arch Linux. Kamu dapat menjalankannya pada Raspberry Pi, Chromebook, perangkat Android, Nvidia Shield, dll. Apa yang membuat distribusi ini bahkan lebih menarik adalah bahwa, berkat Arch User Repository (AUR), kamu dapat menginstal banyak aplikasi dari kamu yang mungkin tidak didapatkan di distro lain.

Itulah distro-distro linux yang admin kumpulkan, mana yang lebih baik?,tergantuk dari penggunaan dan keinginan dari pengguna, pilihlah distro yang stabil dan enak di gunakan. Zaman sekarang sudah banyak distro-distro linux bertebaran, admin dulu juga pernah membuat distro sendiri tetapi ketika admin coba di netbook tidak stabil, admin males untuk membuat dan mengembangkan lagi, itu membutuhkan koneksi intenet. Ingat ya ketika kamu menggunakan linux harus membutukan koneksi internet untuk menginstall aplikasi, walaupun ketika install tidak membutuhkan aplkiasi, Tetapi keunggunlan linux sendiri itu enak, kamu dapat mengubah dan mengembangkan dari bawah sampai atas, dapat mekustomisasi sendiri, dan yang tepenting adalah gratis haha. Sekian kumpulan distro linux ini admin buat.
Terimakasih telah berkunjung.
Tag : Linux
0 Komentar untuk "17 Distro Linux Terbaik"

Back To Top